Wednesday, March 15, 2017

NHW#8 MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Setelah di materi sesi #8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :

a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)
Hal yang saya suka dan bisa

Sebaik-baik manusia adalah yang memberi manfaat, dan keinginan terbesar saya adalah setiap ilmu dan kemampuan apapun yang dimiliki walaupun hanya sedikit ingin dibagi dan dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Nah, aktivitas yang senang saya lakukan saat ini adalah berbagi bahan aktivitas belajar untuk anak-anak di dunia maya berupa free printable dan membuat kegiatan berupa kegiatan/ event khusus untuk anak-anak.

b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :

1. Kita ingin menjadi apa ? (BE)

Seorang ibu, wanita yang selalu memberi manfaat untuk lingkungan sekitar.

2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)

Yang paling konkrit sedang dijalani saat ini saya sedang mengelola sebuah facbook fan page yang isinya berupa bahan ajar untuk anak-anak yang bisa di unduh dan di print secara gratis (free printable).

Dan dalam lingkup kehidupan bermasyarakat, saya rutin mengadakan acara bulanan untuk anak-anak (AMENGAN) sejenis playdate dengan aktivitas utamanya adalah crafting dan storytelling.

3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)

Keluarga kecil yang saling menyayangi dan senantiasa berbahagia sebetulnya sudah sangat cukup.

Namun saya memiliki keinginan yang sedikit lebih luas agar bisa lebih bermanfaat bagi banyak orang, yakni saya ingin memiliki komunitas bermain (untuk anak) yang saling bersinergi saling berbagi.

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:

1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Selalu menjadi seseorang yang menebarkan manfaat untuk alam semesta.

2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)

Page komunitas yang dikelola sudah berkembang menjadi page yang cukup komprehensif dari segi kualitas dan kuantitas sebagai penyedia printable gratis. Lalu membuat 100 karya cetak baik berupa buku, boardgame, dll

3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)

1-2 tahun kedepan saya ingin menambah jumlah free printable dan juga membuat buku dari dokumentasi aktivitas-aktivitas bermain yang sudah dilakukan.

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...