Wednesday, March 8, 2017

NHW #7 : Tahapan Menjadi Bunda Produktif

Ini kali pertama saya mengisi test bakat, selama ini hanya menjalankan sesuai dengan apa yang disuka dan yang dirasa mampu untuk melakukannya serta fokus meyakini akan potensi yang sudah ada. Materi NHW ke-7 ini begitu membuat saya tercerahkan, di sini dijelaskan bagaimana cara agar kita bisa produktif dan menemukan misi hidup kita pada bidang yang paling tepat, salah satu caranya dengan test minat dan bakat. Alhamdulillah setelah mengisi test di temubakat.com, berikut ini sedikit cerita tentang kekuatan, minat serta kelemahan saya. Hasinya tidak jauh beda dengan apa yang saya rasa dan jalani selama ini, berarti saya memang sudah begini dari dulu kali yaaa :)

Kekuatan :
Saya senang bisa mengatur orang (ARR) untuk bisa bekerja sama dan melaksanakan suatu tugas, tapi tidak dengan cara memerintah top-down. Lebih nyaman bagi saya bila mengatur dan mengelola orang-orang dengan cara memotivasi (MOT). Saya juga bisa mengelola daya pikir untuk bisa mengkreasikan sesuatu (CRE). 
Selain itu sebagai seorang ibu, saya juga berlatih untuk membiasakan diri agar dapat mengajar (EDU) dan menyampaikan keterampilan agar bisa difahami baik oleh anak-anak ataupun entitas yang lebih luas dengan cara yang membangun (MOT). Hal ini sering saya lakukan saat membuat acara gratis bernuansa edukasi (SYN) yang rutin diadakan sebulan sekali untuk orang tua dan anak-anaknya (SER). 
Peran lain yang secara alamiah dan terus bisa saya asah dengan energi minimal adalah sebagai seorang pemasar (MAR), karena secara mental saya sangat bisa menghadapi orang-orang untuk mempromosikan sesuatu secara strategis, terutama dengan cara-cara yang lembut, santun dan tidak memaksa. 

Kelemahan : 
Secara alamiah saya merasa kurang dalam hal ke-administrasi-an (ADM) namun bila dipaksa mungkin bisa, tapi secara natural dalam hal keteraturan, kerapihan dan perencanaan masih banyak orang yang lebih baik dari saya.
Sama dengan keadministrasian, saya juga merasa kurang dalam hal proses menganalisis (ANA) sesuatu, sangat bukan saya banget. Hal ini juga berkaitan dengan kurangnya keahlian saya dalam mengeksplorasi (EXP) dan mengevaluasi (EVA) sesuatu hal secara mendalam.
Lalu, saya juga bukan tipe yang bisa mempengaruhi orang dengan cara frontal dan lugas (CMD). 

Berikut aktivitas saya dalam 4 kuadran :
1. Hal yang saya suka dan bisa

  • Membantu orang lain yang membutuhkan masukan.
  • Public speaking.
  • Crafting.
  • Motivating.
  • Mengikuti training, seminar (menuntut ilmu).
  • Berkomunitas.
  • Mencari dan membuat kegiatan untuk anak belajar.
  • Membaca buku.
2. Hal yang saya suka dan tidak bisa (bisa sedikit kali ya, bukan gak bisa sama sekali)

  • Desain.
  • Menulis.
  • Memasak.
  • Mengarsipkan dokumen dengan rapih.
  • Mencatat keuangan.
3. Hal yang saya tidak suka dan bisa

  • Menyetrika.
  • Mengerjakan berkas pajak.
4. Hal yang saya tidak suka dan tidak bisa

  • Memperbaiki kerusakan rumah, bocor, kran mampet.
  • Berkebun.
  • Memelihara binatang.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...