Thursday, March 2, 2017

NHW #6 : Menjadi Manajer Keluarga Handal






Alhamdulillah di NHW 6 ini diingatkan bahwa sejatinya seorang ibu bisa menjadi manajer yang handal dengan konsisten meletakan sesuatu yang utama menjadi yang pertama dan melakukan tahapan-tahapan sebagai berikut

1.      Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

Tiga aktivitas penting saya :
a. Beribadah
Aktivitas ini yang sedang dikonsistenkan dari hari kehari inginya lebih baik dari hari sebelumnya bahkan lebih.
b. Pendidikan anak & keluarga
 Dalam hal ini karena sedang menjalankan Homeschooling, maka penting bagi saya dan suami untuk terus membersamai anak-anak dengan merancang kegiatan, membuat kurikulum belajar , menstimulasi dan evaluasi juga melihat bakat minat anak.
c. Pengembangan diri
Hal pengembangan diri sangatlah penting ketika ingin menjadi seorang profesional, berupaya konsisten menuntut ilmu, membaca buku, menkonsep buku baru, menghadiri kelas atau seminar dan workshop baik online maupun offline, tak lupa disertai olahraga.

Tiga Aktivitas Tidak Penting
1. Berselancar di dunia maya/medsos yang tidak sesuai kontkesnya.
2. Mengerjakan pekerjaan yang bukan list pekerjaan
3. Mengomentari timeline medsos orang lain


2. Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

Alhamdulillah sejauh ini porsi waktu bersama anak-anak lebih banyak, terutama anak no 1 yang sedang mencoba untuk menjalankan HS, dimana saya sedang berusaha menjalankan jadwal yang sudah dibuat. namun tidak dipungkiri, ketika rehat sambil mengAsi anak ke 3, tidak terasa sudah cukup lama waktu terbuang untuk berselancar melihat timeline di medsos

3. Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

Baik, Insyallah selaras

4. Kemudian kumpulkan aktivitas Rutin menjadi satu waktu, berikan ‘kandang waktu’, dan patuhi cut off time (missal Anda menuliskan bersih-bersih rumah jam 5 -6, maka patuhi waktu tersebut)

*Jadwal Kegiatan Harian*

04. 00-05.00 : Bangun, sholat , mengaji
05.00-05.30 : jalan pagi
05.30–08.00 : Mencuci, memasak, sarapan, memandikan anak- anak
08.00-09.00: Beres-beres

5. Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.
Oke siap.

6. Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)

Aktivitas dinamis dari jam (09.00-21.00)
Belajar bersama anak, mengantar aktivitas anak diluar rumah, membaca buku, mencari referensi belajar, Jalin silaturahim dengan editor dan penerbit.

7. Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.

Alhamdulillah sejauh ini, jadwal inilah yang cocok dengan aktivitas saya. Semoga Allah mudahkan kita semua dalam menjalankan peran kita sebaik mungkin sebagai pendidik generasi


No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...