Friday, February 17, 2017

#NHW4 : Mendidik dengan Kekuatan Fitrah



Bismillahirrahmanirrahiim

Alhamdulillah masuk minggu ke 4 di kelas matrikulasi IIP dan mencoba untuk tetap menyimak materi yang sepertinya semakin berat dan bikin mikir. Namun, sepertinya inilah cara yang efektif untuk belajar karena saya diingatkan selalu untuk bersungguh-sungguh menjalani apa yang sudah dicatat.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1, apakah sampai hari ini Anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, Anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Ya, saya masih berusaha untuk fokus pada kedua ilmu yang sudah saya pilih untuk dipelajari dengan baik yaitu:
  1. Mempelajari ilmu parenting.
  2. Menekuni ilmu tentang proses menulis buku anak, serta belajar agar bisa mengelolanya menjadi sebuah bisnis.
Saat merenung sebetulnya banyak ilmu lain yang ingin saya pelajari dan dalami, namun tetap saya merasa untuk saat ini ilmu parenting yang paling prioritas untuk segera dipahami mengingat saya sebagai ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anak.

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri Anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Mengenai checklist yang sudah dibuat saya mengakui belum dijalani dengan sungguh-sungguh terutama  untuk diri sendiri, namun untuk anak dan suami saya selalu berusaha konsisten dan memenuhinya.

c. Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidupAanda akan makin terlihat.

InsyaAllah mencoba meraba apa yang Allah maksud, ketika kita diciptakan ke bumi ini,  selain yang sudah tertera dalam Al quran : “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk menyembah-Ku.” (Adz-Dzariyat: 56)

Saya senang ketika bisa memberi, apapun bentuknya seperti materi belajar untuk anak ataupun workshop-workshop untuk anak dan para ibu dalam membuat alat ajar untuk anak, walaupun tidak ada latar belakang di dunia pendidikan secara formal, namun ini menjadi ketertarikan tersendiri terutama dunia pendidikan anak, maka dari itu bidang pendidikan anaklah yang paling ingin saya dalami selain itu, hal ini juga erat hubungannya dengan fokus ilmu yang sedang dipelajari di NHW 1.

Dari pemaparan tersebut maka misi hidup saya tidak jauh–jauh yaitu: Bermafaat untuk semesta sesuai yang Allah Ridhoi

Untuk menunjangnya, maka bidang yang harus saya kuasai adalah:
Pendidikan anak berbasis fitrah, kreativitas anak juga tahapan menjadi ibu profesional: Bunda sayang, Bunda cekatan, Bunda produktif dan Bunda shaleha.

Peran : menjadi inspirator minimal untuk keluarga kecil

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

1. Pendidikan anak berbasis fitrah.

2. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak.

3. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga.

4. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.

5. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang.

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

KM 0 – KM 1 (tahun 1) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang dan pendidikan anak berbasis fitrah

KM 1 – KM 2 (tahun 2) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan

KM 2 – KM 3 (tahun 3) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif

KM 3 – KM 4 (tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Shaleha.

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Ya sudah.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Bismillah, Saya akan berdoa agar apa yang ingin dicapai dapat berjalan dengan lancar .


JUST DO IT!

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...