Friday, February 3, 2017

NHW #2 CHECKLIST INDIKATOR BUNDA 3S (Sinnai, Salma, Syams)


Alhamdulillah saat ini saya sudah memasuki pekan kedua di grup matrikulasi Ibu Profesional, sejauh ini saya masih bisa mengikuti materi dan insyaAllah selalu dapat pencerahan dari diskusi di dalam grup whatsApp, walaupun masih lebih sering menyimak daripada bertanya atau berinteraksi langsung karena saya rasa pertanyaan yang saya akan utarakan juga hampir sama. Pekan ini PR-nya adalah membuat checklist indikator sebagai individu, sebagai istri dan sebagai Ibu. 

Ada 5 hal yang menjadi panduan ketika membuat indikator atas pencapaian kita yaitu, bisa dirangkum dalam akronim SMART :

SPECIFIC (Unik/ detail)

MEASURABLE (Terukur, contoh: dalam 1 bulan, 4 kali sharing hasil belajar)

ACHIEVABLE (Bisa diraih, tidak terlalu susah dan tidak terlalu mudah)

REALISTIC (Berhubungan dengan kondisi kehidupan sehari-hari)

TIME-BOUND (Berikan batas waktu)

Dari 5 hal tersebut saya mencoba untuk merenung dan bertanya kepada suami juga mencari tahu apa yang anak-anak harapkan dari Bundanya. Baiklah berikut deskripsi hasil perenungan dan pencarian jawaban :) 

A. Individu

Untuk indikator sebagai individu saya membagi menjadi 2 hal yaitu : 

1. Hubungan saya dengan Allah.

Banyak PR yang harus saya perbaiki dalam hubungan dengan Allah, terutama setelah menikah dan memiliki anak, rasanya banyak sekali pengurangan kualitas ibadahnya, untuk itu saya akan berusaha untuk memperbaiki sesuai kemampuan saat ini seperti : 

1. Sholat 5 waktu tepat waktu dan berdoa.
2. Tilawah min. 2 lembar/hari.
3. Sholat sunnah dhuha min. 1x dalam seminggu. 
4. Tahajud min.2x dalam seminggu.
5. Sedekah 1000/hari (dikumpulkan dan disalurkan setiap 1 bulan 1x).
6. Menambah hafalan minimal 1 surat/ bulan .

2. Diri sendiri

1. Berolahraga minimal 10 menit /hari.
2. Membaca buku parenting/ agama minimal 1 buku/ pekan.
3. Menghadiri majelis ilmu minimal  1x/ pekan. 
4. Menuliskan ide cerita anak sederhana minimal 1 cerita/ pekan.

B. Istri

"Wanita (istri) shalihah adalah yang taat lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah memelihara mereka." (An-Nisa: 34)

Pada ayat di atas disebutkan diantara sifat wanita shalihah adalah taat kepada Allah dan kepada suaminya dalam perkara yang ma'ruf lagi memelihara dirinya ketika suaminya tidak berada di sampingnya.

Menjadi istri sholehah penyejuk suami, selalu taat selama dalam ketaatan pada Allah ini indikator yang luar biasa berat, saya coba deskripsikan yang sederhana versi saya : 

1. Mengingatkan Sholat berjamaah di Mesjid minimal waktu subuh dan magrib.
2. Membuatkan secangkir minuman hangat dan roti di pagi hari.  
3. Meluangkan waktu sebelum tidur untuk bercerita minimal 10 menit.
4. Berusaha tampil ceria menyambut suami dari aktivitas di luar.
5. Mengatur keuangan keluarga dan membuat strategi menambah income per 6 bulan. 

C. Ibu

Ketika bertanya kepada Sinnai dan Salma, "Mau Bunda yang seperti apa?" jawaban mereka malu-malu dan penuh dengan ketidakpastian bahkan terkadang cuek tidak mengindahkan pertanyaan saya, Hmm .. mungkin belum mengerti maksud pertanyaan yang diajukan, tetapi kalau pertanyaannya diubah, "Sinnai, Salma senang kalau Bunda ngapain?" jawabannya sederhana bermain sama-sama.

Nah, dari jawaban yang super singkat dan sederhana saya coba buatkan indikatornya :

1. Bermain bersama anak-anak dari jam 09.00-11.00 (bereksperimen, crafting, membuat mainan, mengerjakan woorksheet ataupun aktivitas yang sifatnya menyenangkan).
2. Membacakan 1 buku cerita setiap hari.
3. Menyiapkan camilan 1x/ hari.
4. Merapikan mainan bersama setiap sore.  
5. Menyusun playdate bersama teman-teman 1x /bulan.

Demikian checklist indikator profesionalisme diri saya sebagai individu, istri dan ibu. Sederhana, disesuaikan dengan kemampuan diri saat ini,  semoga bisa konsisten menjalani ceklis yang sudah dibuat dan Allah ridho serta selalu memberi pertolongan untuk saya agar selalu istiqomah.

Bandung, 

Jumat, 03 Februari 2017

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...