Saturday, January 28, 2017

DIY : Sensory Board

Kali ini Bunda membuat mainan bertema aktifitas sensorik untuk Adik Syams yang bertujuan menstimulasi inderanya, konon aktifitas ini dapat mendukung kecerdasan dan ketajaman inderawinya. Jadi nanti Adik dibiarkan mengeksplor kemampuan inderawinya dan dibiarkan merasakan tekstur setiap bahan yang Bunda tempel di papan sehingga saat Adik sibuk sendiri dan Bunda bisa foto-foto hehehe ...

Sensory board ini bisa di buat sendiri di rumah, berikut alat dan bahan yang dibutuhkan:

1. Papan dasar tempat menempelkan berbagai benda. Boleh papan kayu, kardus atau dari bahan lainnya seperti infraboard. Pastikan papan ini aman untuk digunakan, ujung-ujungnya tidak tajam dan tidak serabut yang menusuk.

2. Alat untuk menempelkan berbagai benda, seperti lem super, double tape atau perekat lainnya. Sesuaikan saja dengan bahan papan dasar yang digunakan.

3. Berbagai barang dengan tekstur, bentuk dan warna yang berbeda-beda serta benda-benda yang bisa berbunyi untuk di jadikan sensory item. Contoh : berbagai jenis kain (flanel, pompom), mainan plastik, mainan kayu (stik es krim), spon dan berbagai benda lainnya bisa dimanfaatkan. Pada dasarnya kita bisa menaruh apa saja di sensory board, namun pastikan benda yang dipilih tidak berbahaya untuk ananda.


Cara membuat:

- Tempelkan semua barang-barang yang sudah ada pada papan. Bisa menggunakan lem, double tape atau perekat lainnya.

- Atur tata letaknya sedemikian rupa supaya terlihat menarik








No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...