Wednesday, January 25, 2017

Nice Homework (NHW #1_Adab )

Alhamdulillah saya berkesempatan mengikuti program Matrikulasi Batch #3 di komunitas Ibu-Ibu Profesional, semoga pada program ini saya dapat menyerap ilmu serta mengamalkannya dengan baik, agar lebih percaya diri dan mampu menebar manfaat untuk orang banyak. 

Pada program matrikulasi ini setelah diberikan materi, peserta diwajibkan untuk mengerjakan tugas berupa NHW (Nice Home Work) yang menurut saya gampang-gampang susah karena pelaksanaannya yang perlu komitmen. berikut NHW saya: 

Homework #1: Adab

Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini? 


Ada 2 hal yang menjadi fokus yang sedang didalami 

1. Mempelajari ilmu parenting. 
2. Menekuni ilmu tentang proses menulis buku anak, serta belajar agar bisa mengelolanya menjadi sebuah bisnis. 

Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?

1. Mempelajari ilmu parenting : 


Adalah sebuah pilihan ketika saya memutuskan untuk fokus menjadi full time mommy dibandingkan bekerja diluar, saat ini Allah memberi saya amanah tiga orang anak yang luar biasa, Sinnai (7 tahun), Salma (2,8 tahun), dan Syams (1,2 tahun), dan hingga saat ini ilmu tentang parenting yang saya miliki sebagai seorang ibu dirasa masih sangat kurang. Misalnya cara bagaimana untuk bisa selalu bersabar dalam menangani kehebohan anak-anak setiap harinya, bagaimana mengatur dan membagi waktu yang baik agar semua anak bisa mendapatkan dapat perhatian yang adil, dan berbagai ilmu tentang menjadi orang tua yang tepat bagi anak-anak... Beberapa alasan itulah yang membuat saya merasa tidak pernah terlambat untuk belajar dan terus mencari ilmu dari berbagai majelis baik offline maupun online.

2. Menekuni ilmu tentang proses menulis buku anak, serta belajar agar bisa mengelolanya menjadi sebuah bisnis.

Saat ini saya dan suami mengelola page dan weblog familiakreativa, page dan blog  ini dibuat dengan niat awal sebagai dokumentasi aktivitas anak-anak serta berbagi bahan ajar dan atau alat peraga yang pernah kami buar untuk memfasilitasi anak-anak dalam kesehariannya di rumah. Sampai akhirnya kumpulan dokumentasi ini bisa membuahkan karya buku aktivitas, buku ajar, dan berbagai free printable.

Seiring berjalannya waktu, selain buku aktivitas dan printable yang rutin saya buat, ada cita-cita yang lebih besar, yakni saya dan suami ingin membuat buku anak dalam kuantitas yang lebih banyak dan lebih beragam, tentunya hal ini tidak bisa dikerjakan sendirian, kami tentu perlu bantuan dari para penulis dan ilustrator lain, untuk itu kami ingin belajar mengelola sebuah proses pembuatan buku anak dalam skala yang lebih besar.

Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?


Komitmen dan bersungguh-sungguh ketika menjalaninya
- Dengan membaca buku parenting minimal 1 buku perpekan.
- Menghadiri majelis ilmu baik offline maupun online.
- Mengoptimalkan belajar dikomunitas HS dan HE.

----
- Memulai mencari ide-ide cerita anak dengan melihat referensi dalam dan luar negeri 
- Mulai menjalin komunikasi dengan ilustrator dan penulis
- Merancang cash flow untuk bisnis penerbitan buku 

Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?

Memohon pertolongan Allah agar selalu komitmen untuk bersungguh sungguh belajar mencari ilmu dan konsisten mengamalkan ilmu yang sudah didapat.

Semoga segala usaha yang saya lakukan dapat diberikan kemudahan dan keridhoan Allah SWT. 


Devi Azhar 

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...