Sunday, December 28, 2014

Membuat Cap Sayuran

Membuat cap dari sayuran
Salah satu materi 'planet praktika' di Sekolah Bumi Sinnai yang pernah dipelajari tanggal 26 Agustus 2014 lalu adalah membuat cap dari sayuran. Selain belajar warna, bentuk dan menghasilkan karya seni visual, aktivitas ini juga bertujuan untuk mempelajari proses sederhana bagaimana sebuah karya cetak dibuat.

Nah, kali ini sayuran yang Sinnai gunakan berasal dari tempat yang sangat dingin dimana tidak ada manusia yang bisa tahan hidup didalamnya, yakni kulkas... Hehe, kebetulan yang ada di kulkas hanya wortel, mentimun dan kentang maka itulah yang digunakan.

Agar hasil karya yang dibuat tampak menarik maka setelah dibelah penampangnya, sasayuran tersebut dibentuk bervariatif sesuai keinginan. Misalnya wortel dibentuk bunga, mentimun dibentuk lingkaran (padahal emang aslinya begitu :P) dan kentang dibentuk segitiga dan persegi. Kalau sanggup, Ayah dan Bunda yang mendampingi juga bisa mengukir bentuk-bentuk yang lebih kompleks lagi misalnya kelinci, donat, raket tenis, sepeda gunung atau transformer... Hehehe #makinNgarang.

Potongan buah dan pewarna makanan

Setelah beberapa potong sayuran tersebut diukir menjadi berbagai bentuk, selanjutnya adalah menyiapkan pewarna makanan dalam berbagai warna. Warna yang Sinnai gunakan kali ini adalah merah, hijau, oranye, biru dan cokelat. Cairan pewarna makanan ini sebaiknya ditempatkan pada piring ceper yang agak luas agar mudah ketika mencelup atau mengoleskan cap sayuran tadi.

Sinnai beraksi

Ketika sudah siap semua, silakan baca basmalah untuk memulai menge-cap. Oleskan atau celupkan sayuran tersebut hingga cairan pewarnanya tertempel pada sayuran, kemudian siapkan kertas dan tekan capnya pada kertas tersebut.... Dannn taa-daaaaa jadilah cap berbagai bentuk dari sayuran... Mudah sekali 'kan...

Selain dengan sayuran ia juga berkesperimen dengan jari jemari

Sinnai sangat menikmati aktivitas ini sodara-sodara, selain belajar warna dan bentuk, secara keseluruhan ia juga belajar membuat karya visual. Selain itu Sinnai juga belajar mencoba menerapkan prinsip dasar percetakan komersial (cieh), yakni dengan memberi tinta pada sebuah permukaan benda kemudian menekannya pada media yang akan dicetak dalam hal ini kertas (kayaknya dia belum ngerti sih kalo soal ini... Ini mah gagayaan Bundannya aja :P)

Nah untuk Ayah Bunda yang mau mencoba eksperimen ini bersama buah hatinya bisa mempersiapkan hal-hal berikut:

Bahan:
1. Sasayuran, seperti mentimun, wortel, kentang, paprika, jagung, ubi, dll. (bisa juga ditambah buah-buahan, meski nanti akan berubah orientasi menjadi rujak :P)
2. Pewarna makanan.

Alat :
1. Pisau
2. Piring ceper
3. Kertas
4. Lap
5. Kamera buat foto-foto :)

Selamat mencoba ya Ayah-Bunda... Semoga bermanfaat dan ditunggu cerita-ceritanyaa :D

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...