Saturday, November 15, 2014

Aku tahu, namanya Sakola Bumi!

Setelah beberapa waktu berlalu, akhirnya saya mendapatkan teman-teman yang sevisi untuk menjalankan program pendidikan anak secara mandiri mulai dari lingkungan rumah. Melanjutkan postingan yang dulu, kini apa yang saya harapkan sekarang dicoba untuk dijalankan, yups... saya dan keluarga kecil kami mencoba untuk melakukan aktivitas homeschooling, atau lebih tepatnya home education, ini berlaku tidak hanya untuk anak-anak, tetapi untuk kami sekeluarga yang terdiri dari Ayah Keren, Bundan Sakti, Sinnai Cakep dan Salma Cantik.

Bersama beberapa orang teman hasil perkenalan di dunia maya pada bulan Oktober 2014, saya dan ibu-ibu PKK online ini sepakat untuk membuat komunitas, asalnya komunitas ini bernama Muslim HomeSchooling Bandung, tapi karena dirasa terlalu generik maka saya dan suami mencoba mencari nama yang lebih keren dan kontekstual, akhirnya didapatkan nama "Sekolah Bumi".  Wow, mantap juga yah ?! Apa itu perasaan saya saja? Ah ya gapapa lah ya :P

Nama "Sekolah Bumi" ini kemudian saya lempar ke forum ibu-ibu PKK yang lucu-lucu, dan dalam hitungan milidetik langsung mendapat penyempurnaan... ta... da... menjadi "Sakola Bumi". Naon maksudna? dalam bahasa sunda ini sama artinya dengan homeschooling (kata "Bumi" dalam bahasa sunda artinya "Rumah").

Agar lebih mantap, dengan dibantu suami yang memang seorang desainer asik, kami merencana sebuah identitas visual berupa logo sekaligus membuat konsep profil dan tujuan Sakola Bumi. Dengan dibantu dua anak kami yang masih kecil dan belum bisa apa-apa, kami semua melakukan aktivitas corat-coret secara ajaib di ruang rapat rahasia! mirip Bung Karno dan kawan-kawannya waktu bikin teks proklamasi... Hehe, dan hasilnya, yak... seperti inilah konsep logo dan ide dasar Sakola Bumi :)

Usulan logo awal beserta maknanya



Buat yang mau mengevaluasi, dipersilakan hloh!

Karena namanya Sakola Bumi, maka kegiatan yang kami rancang diberi nuansa yang sejenis, seperti; "Karya Bumi", "Menjenguk Bumi" dan "Bincang Langit" dan rencananya konsep ini akan saya floorkan segera ke rekan-rekan ibu-ibu PKK para inisiator Sakola Bumi lainnya. Semoga diterima ya bu ibu...

InsyAllah saya mencoba meluruskan niat, kembali ketujuan awal niat untuk meng-homeschoolingkan anak-anak... bukan diawali dari kekecewaan terhadap kondisi lingkungan pendidikan saat ini, tetapi lebih karena adanya keinginan untuk bisa mendidik sekaligus "belajar" bersama keluarga mulai dari lingkungan rumah sendiri, yang utamanya mempelajari basis akidah dan akhlak, agar kami sekeluarga bisa menjadi keluarga yang bermanfaat buat lingkungan dan semesta alam.

Amiin.

1 comment:

Yulianti said...

Assalamualaikum...
Salam Kenal bu, Anak saya juga dua2 nya homeschooling
kami tinggal dibandung juga, tepat nya dicigadung :-)
kapan2 pengen ikutan gabung dong dengan komunitas "Sakola Bumi"

Terima kasih.
(Bunda Alexa & Jasmine)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...