Monday, November 3, 2008

"Pelayanan Terbaik"


===
"Pembeli adalah Raja"

Kata-kata itu sering kita dengar, apalagi kata-kata ini sering di ucapkan oleh seorang pembeli yang mengharapkan sebuah pelayanan yang baik. Tapi memang benar ... ketika kita menjual sebuah produk ato jasa kita harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk klien kita.

Beda halnya kalo kita menghadapi seorang klien yang rese cerewet ... ya pokoknya segala sifat yang mengesalkan ada di dia semua ... pastinya kita BT juga kan. tapi selama di lapangan saya punya tips & triks mengatasi seorang pembeli atau klien yang seperti itu (biasanya pembeli atau klien dibidang jasa) ini dia:

1. Ada tipe klien yang banyak maunya nah sikap kita jadilah pendengar yang baik, dengarkan mau nya dia sampai sedetil mungkin.

2. Ada tipe klien yang susah diajak diskusi alias keras kepala, nah sikap kita cari gaya dia memecahkan masalah, sampai dia berfikir kita berada dipihak dia yang akan sama-sama memecahkan masalah dan mendapatkan solusi atas permasalahan yang dia hadapi, sampai akhirnya kita bisa tau titik masalahnya dimana dan bagaimana solusinya supaya bisa didiskusikan.

3. Ada tipe kilen yang gak mau tau yang penting jadi n tepat waktu. .. nah kadang suka bingung ngadepin klien seperti ini, tapi kalo ngadepin klien seperti ini ga perlu dikasih banyak alternatif langsung berikan pesanan yang sesuai dengan apa yang dia butuhkan, yang penting waktu yang dia minta sesuai, tentu saja dengan tidak mengurangi kualitas produk atau pelayanan jasa yang kita berikan. Insyaallah klien akan senang dan puas.

Bagaimanapun tipe klien yang kita hadapi dan apapun yang terjadi ketika di lapangan bersikaplah santun, dan tenang juga presuasif agar klien yakin dengan sesuatu yang akan kita jual, juga merasa puas dengan pelayanan yang kita berikan.

Otreh ... semoga bermanfaat

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...