Saturday, January 10, 2009

Kekecewaan & Kata - kata menyakitkan

Tidak ada manusia yang sempurna, setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, pernah merasa dikecewakan, sedih, jengkel, kesal, dan lainnya yang menimbulkan perasaan yang tidak mengenakan.
Suatu ketika saya pernah di kecewakan, karena orang itu tidak menepati janji, tanpa ada kabar berita. Saya merasa kesal dan kecewa dan berniat ketika bertemu dengan orang tersebut saya akan marah dan tidak akan lagi mempercayai orang tersebut.
Setelah beberapa minggu Allah mempertemukan saya dengan orang tersebut, saya berusaha untuk bersikap tenang dan mendengarkan penjelasan orang tersebut, tenyata setelah mendengarkan penjelasan dan kondisi orang tersebut, perasaan marah dan kesal itu berubah menjadi perasaan yang membuat saya harus memaklumi dan memaafkan orang tersebut.
Pelajaran dari kejadian ini;
  • Ketika merasa dikecewakan oleh seseorang dengarkan penjelasan dan alasannya, kenapa orang yang mengecewakan kita sampai berbuat begitu.
  • Berusaha untuk bersikap desawa dengan memberi masukan yang baik dengan tidak berkata-kata yang menyakitkan apalagi menghukum seseorang (gak bener lah, gak amanah lah, dll) seakan-akan orang tersebut tidak pernah melakukan kebaikan sama sekali. (kecuali memang orang yang mengecewakan kita memang sering melakukan ini)
  • Jaga perkataan, jangan sekali-kali memutuskan silahturahmi, karena kita tidak pernah tahu mungkin suatu saat kita akan membutuhkan orang itu begitupun sebaliknya.
  • Berfikir positif dan berusaha memaafkan orang tersebut.
Wallahualam bisauwab ... Semoga bermanfaat dan selalu tebarkan kebaikan :)
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...