Friday, January 16, 2015

Serangga Maut dari Play dough + Resep

Rabu kreasi kali ini, saya dan Sinnai membuat play dough (adonan mainan) sendiri yang aman untuk dimainkan oleh anak-anak. Memang sebetulnya bisa saja membeli 'lilin/ malam' untuk langsung dimainkan, tapi proses belajar yang ingin kami ambil bukan sekedar bermain membentuk benda-benda dari material itu, melainkan kami ingin belajar dari awal, mulai dari proses pembuatannya... Pesan yang ingin disampaikan sih mengajarkan anak bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik, perjalanannya tidak mudah, tetapi kita pasti bisa mencapainya, dan jika memang menyukai prosesnya, hal itu akan jauh lebih baik lagi... Betul, Nak?

Proses membuat playdough

Selain itu kami (saya dan suami) juga ingin menanamkan satu prinsip yang rasanya cukup baik untuk membangun landasan karakter seorang anak dalam melatih kreativitas dan daya juangnya, yakni "kalau bisa buat, mengapa harus beli?" Prinsip inilah yang juga dipakai orang-orang Korea dalam menghadapi banjirnya produk Jepang yang ingin memasuki negaranya kala itu. Bagaimana dengan kita dalam menghadapi produk Cina? Hehehe. Tak bisa dipungkiri, saat ini kami juga nggak bisa membendung masuknya mainan-mainan dari Negeri Tiongkok ke keranjang mainan Sinnai... Tapi tak ada kata terlambat untuk berjuang menjadi lebih baik. #Cieh :)

Kembali ke playdough, menurut artikel dilaman sekolah123 mainan ini adalah salah satu permainan yang bisa membantu perkembangan otak, selain menyenangkan mainan ini juga bisa meningkatkan kemampuan sensorik, belajar tekstur, berfikir menciptakan sesuatu bentuk dan meningkatkan  imajinasi dan kreatifitas anak. 

Saat beraksi, berbagai jenis serangga dibuat oleh Sinnai dengan melihat buku referensi yang ada, seperti kepik, belalang, laba-laba, cacing dan satu lagi serangga 'rahasia'. Hehehe. Sepertinya bermain playdough ini cukup melelahkan namun selalu menyenangkan, buktinya Sinnai bermain ini hingga dua periode, yakni pagi hari dan sore hari.

Serangga imut-imut dari playdough
Proses kreasi

Dalam setahun terakhir, ini adalah kali ke-3 Sinnai meminta bermain playdough, terakhir lalu yang dibuatnya adalah binatang-binatang reptil seperti buaya, dinosaurus dan ular (sayang saya tidak sempat mendokumentasikan gambarnya). Nah karena baru sempat menulis tentang playdough, saya mau berbagi resep membuat playdough yang aman dan murah meriah :)

Bahan-bahannya super gampang, untuk 1 adonan:
1. 180 gr terigu
2. 110 gr garam
3. 60 ml minyak goreng
4. 125 ml air
5. Pewarna makanan

Cara Membuatnya :
Campur terigu dan garam sampai rata dalam mangkuk, tambahkan air dan minyak goreng sedikit demi sedikit sambil diaduk, uleni sampai lempung. Tambahkan pewarna sesuai selera sambil terus diuleni hingga rata.

Jadi dehhhh adonannya, semoga resepnya bisa bermanfaat ya :) Kabar-kabari kalo sudah jadi dunia serangga.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...