Tuesday, December 22, 2015

Hewan - hewan Dalam AlQuran

Koleksi mainan hewan Mas Sinnai cukup banyak, rencananya mau sortir mana yang disimpan dan mana yang akan dikeluarkan, sambil menyortir Bunda cerita beberapa hewan -hewan yang diceritakan di Al quran (sambil buka Quran nya hehehe ) dan disambungkan dengan menggunakan koleksi hewan-hewan yang Mas Sinnai punya.
1. Keledai
Keledai ini disebutkan dalam Al-Qur’an yaitu dalam surat Al Jumu’ah ayat 5. Dalam ayat ini Allah SWT menyindir kaum Yahudi yang tidak mau mengamalkan Taurat. Mereka seperti keledai yang mengangkut kitab-kitab dipunggungnya. Kitab-kitab itu sama sekali tidak bermanfaat baginya selain membuatnya kepayahan.
2. Serigala
Serigala dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Yusuf ayat 17. Dimana serigala ini menjadi kambing hitam, atas tuduhan telah memakan Nabi Yusuf  padahal hewan itu terbebas dari apa yang dituduhkan kepadanya.
3. Gajah
Di surat Al Fiil, Allah menceritakan pasukan Abrahah yang berkendaraan gajah yang ingin menghancurkan Ka'bah. Namun sebelum niat itu terwujud, Allah telah menghancurkan mereka. Allah kirimkan kepada mereka sekawanan burung ababil yang kemudian menghujani mereka dengan batu neraka. Maka matilah mereka semua. Di cerita ini Mas Sinnai paling semangat dan masih hafal karena menceritakan pertpuran antara gajah dan burung ;)
4. Ikan Paus
Untuk hewan ini Mas Sinnai langsung teringat kisah nabi Yunus 'alaihisalam dimana nabi yunus di telan oleh ikan paus,  di dalam Al Quran kisah ini terdapat pada surat Ash Shaffat ayat 139-145.
5. Sapi
Hewan ini ada pada surat surat terpanjang dalam Al Quran. Dalam surat ini Allah menceritakan tentang bani Israil yang suka banyak bertanya yang akhirnya malah menyusahkan diri mereka sendiri.
6.Domba
Hewan yang satu ini biasany  sering dikaitkan dengan berkurban. Allah menyebutkannya pada Ash Shaffat ayat 102-107. Allah memerintahkan Nabi Ibrahim 'alaihissalam untuk menyembelih putranya, Ismail 'alaihissalam. Ketila keduanya telah pasrah dan Allah mengetahui kesabaran mereka, maka Allah gantikan posisi Ismail dengan 'seekor domba  berukuran besar.
7. Kuda
Kuda ini diceritakan dalam surat Al-‘Adiyat, yang berarti kuda-kuda yang berlari kencang. Digunakan ketika peperangan, Dalam penyerbuan mengejar musuh diperlihatkan betapa  pentingnya  angkatan berkuda (Cavalerie). Kuda itu dipacu dengan penuh semangat oleh yang mengendarainya, sehingga dia berlari kencang.
===
Itu beberapa hewan yang Bunda ceritakan, sebetulnya masih banyak hewan yang tertulis dalam al Quran seperti : lebah, ular, serangga, katak dll, tapi pelan-pelan nanti kita bercerita lagi ya.
Sedikit dan sekilas memang Bunda ceritakan ke Mas Sinnai, setidaknya ada gambaran yang tersimpan di memori, kelak Mas Sinnai akan bertanya lagi dan mendengarkan cerita dengan pemahaman yang lebih baik dan dapat mengambil hikmah dari kisah tersebut.
#homeschooling #homeeducation #bermaindanbercerita #strorytelling #familiakreativa

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...