Thursday, November 19, 2015

DIY : Water Beads

Untuk membuat mainan yang menyenangkan dan tentunya aman bagi anak-anak dirumah memang diperlukan niat yang kuat; karena untuk mengeksekusinya harus mencari waktu yang tepat dan bahan yang oke punya...

Apalagi jika kita punya prinsip "kalo bisa bikin, ngapain beli" (ini prinsip yang pernah diceritakan teman saya dari Korea tentang karakter bangsanya... Yakinlah dari krempongan yang terjadi karena menganut prinsip ini akan terbayar kelak dengan hasil yang luar biasa...) Mereka anti instan dan lihatlah perkembangan bangsanya saat ini...

Wokeh balik ke konteks permainan, kali ini kita akan bikin waterbeads, ada yang bilang... ahhh mainan gitu mah beliii aja banyak dipasaran kok sekarang ...(Betullll pisan, tapi kami pengen berkarya ateuh :)

Eeeh ternyata bin ternyata, memang seruuu banget klo bikin mainan sendiri dirumah, seperti yang dibuat tadi malam, setelah melihat referensi berbagai sumber tentang mainan sensory play untuk anak balita kepengen juga belikan eh maksudnya buatkan waterbeads ini untuk Adik Salma.

Alhamdulillah ada yang ngasih tau resepnya nih... Mba Nurul Azizah Wiyono terimakasih ya, resepnya sedikit saya modifikasi sendiri :).

Ini dia resep nya :

#Bahan (untuk SATU warna beads) :

1. Dua sendok makan penuh tepung tapioka
2. 30 ml air untuk adonan
3. 5-10 tetes pewarna makanan
4. 500 ml air untuk merebus
5. Semangkuk air dingin/ air es untuk merendam

#Langkah membuatnya :
- Campur 30ml air dan pewarna sesuai intensitas warna yg diinginkan
- Campur dengan tapioka sedikit demi sedikit dan aduk hingga warna rata dan adonan berpasir (bila kurang dari 30 ml adonan sudah berpasir dan mudah dibentuk maka tidak perlu ditambah air pewarna lagi)
- Bentuk bulat kecil adonan sambil ditekan krn adonan mudah rontok
- Rebus 500 ml air hingga mendidih dan masukkan beads lalu masak hingga mengapung
- Saring dan rendam dalam air dingin kurang lebih 15 menit agar sedikit mengembang
- Tiriskan dan waterbeads siap dimainkan.

Gampang 'kan membuatnya, sebetulnya ini seperti makanan candil heheh tapi tidak berasa :)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...