Monday, December 29, 2014

Cooking class "Junior Pizza Maker"

Bismillahirrahmanirrahiim... 
الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa ban-naar"
Yaa Allah, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

'Planet Praktika' hari ini cukup seru, karena tadi pagi Sinnai belajar memasak makanan khas Italiano, yakni Pizza! Waoow... Seru doong?... Iyaaa... Sinnai dengan ditemani adik Salma dan Bundan, pagi hari tadi ikut serta dalam acara kelas memasak, alias cooking class yang diadakan untuk anak-anak oleh Domino's Pizza di Mall Istana Plaza, Bandung. 

Sebagai homeschoolers, kelas memasak hari ini merupakan aktivitas ganda buat Sinnai, karena selain memasak Sinnai juga bisa bersilaturahim dengan teman-teman Sakola Bumi... Sejatinya, pengalaman belajar memasak itu sendiri bukan hal baru bagi Sinnai, karena setiap Bundan memasak ia sering kali ikut nimbrung membantu atau sekedar memperhatikan, semacam belajar jadi asisten, hanya yang berbeda kali ini adalah menu dan peralatan dapurnya yang super canggih, plus ramainya dapur diisi oleh 16 anak dari Sakola Bumi.

Ketika baru datang, anak-anak diberi perlengkapan memasak seperti topi koki dan apron/ celemek
Ramainya acara cooking class ini karena memang untuk bisa ikut serta tidak boleh datang sendirian, tetapi harus dalam bentuk kelompok, minimal 10 orang. Dan untuk bisa terdaftar pada kegiatan ini harus mem-booking beberapa hari sebelumnya. Nah, karena itu Sinnai dan teman-teman dari Sakola Bumi sudah merencanakan hal ini sejak tiga minggu lalu sebagai aktivitas pengisi liburan.

Alhamdulillah kegiatan pagi tadi dimulai cukup tepat waktu. Pada pukul 10 ketika semua peserta sudah berkumpul, kakak-kakak yang ganteng dan cantik dari Domino's memberikan pengarahan dasar kepada anak-anak. Diawali dengan perkenalan Domino's secara umum, kakak-kakak kemudian bercerita tentang proses pembuatan pizza. Setelah itu anak-anak dibagi kedalam kelompok yang terdiri dari 5 - 6 orang, lalu secara bergantian setiap kelompok dipersilakan berkelana kedalam dapur pembuatan pizza.

Topi koki dan celemek sudah digunakan, Kami siap beraksi!

Disini diceritakan bagaimana proses pemesanan dan pembuatan pizza secara berurutan, diawali dari proses pemesanan pada meja order, kemudian disitu juga ada peta wilayah pemesanan untuk mendeteksi pesanan akan diantar kemana. Lalu dibelakangnya ada tempat penyimpanan bahan-bahan dan pengolahan pizza, mulai dari adonan yang sudah siap olah, tempat penyimpanan topping-topping dan bahan-bahan pembuat elemen pizza lainnya. Dibelakang area ini terdapat oven pembakaran yang super besar untuk memproses kematangan akhir sebuah pizza.

Foto dulu sebelum beraksi, Shiva, Sinnai, Fadhil dan Yasin
Kakak cantik menjelaskan tentang proses pemesanan pizza
Berkelana kedalam dapur Domino's
Topi koki ini terbuat dari kertas lho
Kakak ganteng memperlihatkan adonan pizza yang tersandardisasi
Masuk ke meja martabak o_o
Demo bagaimana adonan yang bulat seperti bola dibuat menjadi pipih berbentuk piringan pizza
Setelah melihat dapur, anak-anak dikirim kembali ke ruang depan untuk duduk pada kursi dan meja yang disediakan. Disitu telah disiapkan adonan pizza yang sudah jadi dalam bentuk pipih untuk masing-masing anak, dan kemudian anak-anak dipersilakan untuk menambahkan topping pada adonan pizza yang sudah dilumuri saos tomat tersebut.

Pizza siap diberi topping
Ada beberapa pilihan topping yang bisa dirangkai diatas pizza
Sinnai merangkai topping sambil melihat instruksi dari kakak
Berbagai bahan topping disediakan oleh kakak-kakak, ada keju, daging sapi, dan juga sosis. Anak-anak pun diberi waktu untuk berkreasi dengan topping dan pizzanya. Sinnai dengan enjoy menata topping seperti bermain lego, dan kemudian pizza buatannya diberi judul "Pizza lezat, lenyap sekejap".

Hampir jadi nih, pizzanya
Pizza maut ala Sinnai, Pizza lezat, lenyap sekejap
Selasai menambahkan topping, kemudian pizza-pizza ini dibakar selama 15 menit pada oven raksasa yang tadi dilihat anak-anak. Sambil menunggu, seluruh anak tampak sudah tidak sabar untuk menyantap hidangan pizza buatannya sendiri, sementara ibu-ibu yang mendampingi juga pada terlihat kelaparan, ingin mencoba pizza buatan anaknya... Hehehe...

15 menit penantian terasa cukup lama, rasanya seperti 1 jam... Maklum menunggu makanan biasanya memang begitu... Tapi alhamdulillah, dalam kegiatan ini waktu 15 menit bisa dilalui dengan riang, pizza hasil buatan anak-anak pun matang, kemudian kakak-kakak datang, membagikan satu persatu kepada yang ingin kenyang... Hehe, dalam sekejap pizza pun lenyap. Persis seperti judul buatan Sinnai :P

Selesai acara santap pizza, kakak-kakak menginformasikan kepada seluruh peserta dan orang tuanya untuk berfoto bersama, sekaligus penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan dari kakak-kakak Domino's. Alhamdulillah acara pun selesai dengan tenang dan cukup kenyang :)

Foto-foto menandakan acara hampir usai
Setiap anak mendapat oleh-oleh dari Domino's diakhir acara
Topi koki, celemek, tempat pensil dan sertifikat Sinnai
Sertifikat Junior Pizza Maker
Banner Cooking Class
Alhamdulillah, hari ini luar biasa menyenangkan bagi Sinnai juga teman-teman Sakola Bumi lainnya. Bagi Ayah-Bunda yang ingin mengikutsertakan anaknya pada aktivitas cooking class ini langsung saja hubungi Domino's Pizza terdekat; minimal peserta 10 orang dan sebaiknya lalukan pemesanan tempat sekitar dua atau tiga minggu sebelumnya; biayanya (saat artikel ini ditulis) sekitar 36.000 rupiah per anak.

Selamat beraktifitas ya Ayah-Bunda, buat yang mau pesan pizza buatan Sinnai, Pizza Lezat, Lenyap Sekejap silakan tinggalkan komentar :D

1 comment:

dina said...

bude pesen dong Naiiiiiii... 8 kotak yaaa buat eyang mama, eyang papa, budepakde, mba Ais, mas Anas dan mas Azka.. juga buat uwak ^_^ delivery ya naaiiii :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...